Rabu, 03 Juli 2013

5 Gurun Pasir Terluas di Dunia

Berikut ini adalah gurun pasir terluas di dunia:
-       Gurun Sahara








Gurun Sahara adalah gurun terbesar di dunia yang panas, dengan luas sekitar 3.500.000 mil persegi di Afrika bagian utara. Sebenarnya Gurun Antartika lebih besar dari Sahara. Antartika adalah daerah kutub dan dianggap gurun karena memiliki curah hujan sangat sedikit. Namun, Gurun Antartika tidak disebutkan sebagai gurun karena tidak panas. Gurun Sahara disebut sebagai padang pasir terbesar di dunia, namun terkadang sebagai terbesar ketiga setelah Gurun Antartika dan Arktik.

-       Gurun Arab








Seluas sekitar 900.000 mil persegi. Gurun Arab adalah yang terbesar kedua di dunia yang sangat kering. Wilayahnya terbesar di Negara-negara yang meliputi Arab Saudi, Yordania, Irak, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan Yaman. Gurun Arab memiliki bukit pasir dengan tinggi 700 kaki dan merupakan wilayah yang penting karena memiliki kandungan minyak dan gas alam yang melimpah.

-       Gurun Gobi







Gurun Gobi meliputi area seluas 500.000 mil persegi, terletak di wilayah barat laut dari Cina dan wilayah selatan Mongolia. Gurun Gobi memiliki iklim ekstrim, dengan suhu dari 40 derajat Celcius pada musim panas hingga -40 derajat Celcius pada musim dingin. Wilayahnya sebagian besar terdiri dari hamparan yang tandus dan berbatu kerikil dengan pasir yang sangat sedikit. Great Gobi National Park menjadi rumah bagi beruang Gobi dan unta.

-       Gurun Patagonia








Gurun Patagonia adalah padang pasir terbesar di Amerika Selatan dengan luas sekitar 260.000 mil persegi. Terletak di wilayah Argentina dan sebagian kecil dari Chili, gurun ini adalah gurun yang dingin, mengalami sekitar 7 bulan musim dingin dan 5 bulan musim panas tiap tahunnya dengan suhu yang jarang melebihi 12 derajat Celcius. Sejumlah spesies hewan menghuni Gurun Patagonia, seperti armadillo, musang Patagonia, puma, rubah abu-abu, dan iguana padang pasir. Daerah ini jarang dihuni oleh manusia, kecuali beberapa petani yang hidup dari ternak domba dan kambing.

-       Gurun Rub’al Khali










Gurun Rub’al Khali mencakup wilayah sekitar 250.000 mil persegi, meliputi sebagian besar Semenanjung Arab. Luas dari gurun ini masih lebih luas dari gabungan Belanda, Belgia, dan Perancis. Rub’al Khali merupakan salah satu daerah terkering di dunia dan sebagian besar wilayahnya belum pernah dieksplorasi manusia. Ladang minyak terbesar di dunia, al-Ghawar, ditemukan disana pada tahun 1948.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar